Leher Sakit Saat Bangun Tidur Karena Salah Bantal Dan Penyembuhannya

InfoSehat - Leher terasa sakit saat bangun tidur lebih sering dikenal dengan istilah 'salah bantal', meski sebenarnya posisi tidur Anda yang perlu dipersalahkan. Jika mengalami kondisi tersebut, bagaimana cara menyembuhkannya?

Sakit leher saat bangun tidur biasanya disebabkan karena tidur dalam posisi canggung, tidak nyaman, atau di atas bantal yang tidak tepat untuk Anda. Akibatnya leher menjadi kaku tiba-tiba, bisa juga sangat menyakitkan dan tidak nyaman.

Anda bisa mencoba beberapa tips mudah bila mengalami sakit leher saat bangun tidur, seperti dikutip dari India.com, Rabu (12/3/2014):

1. Jangan bergerak terlalu cepat

Ketika Anda bangun dengan leher kaku, hindari bergerak terlalu cepat. Pastikan Anda terus dalam posisi yang sama untuk mengurangi rasa sakit. Jika ingin bergerak, usahakan pelan-pelan karena bergerak terlalu cepat dapat membuat keadaan menjadi lebih buruk.

2. Mandi air panas atau hangat

Solusi yang lebih baik adalah mandi air panas. Saat mandi, pastikan Anda mengarahkan air panas atau hangat ke bagian leher yang sakit. Air hangat dapat menenangkan otot-otot yang sakit dan bisa sedikit meredakan rasa sakit.


3. Gerakkan kepala melingkar secara perlahan

Saat panas dari air menembus kulit, perlahan gerakkan leher dalam gerakan melingkar. Mulailah dengan menekuk leher ke arah bawah, kemudian perlahan-lahan berputar ke kiri dan kanan. Gerakan tersebut dapat membantu meregangkan otot-otot leher yang kaku.

4. Tidur dengan bantal handuk gulung

Setelah mandi air panas, sakit leher bisa diredakan dengan bantuan bantal handuk gulung. Gulung handuk tebal menjadi struktur tubular. Idealnya, handuk gulung harus cukup tinggi untuk mendukung leher dan posisi tidur dilakukan cukup lama sehingga seluruh lebar leher dapat didukung.

Berbaringlah di tempat tidur dan gunakan handuk gulung sebagai bantal. Tempatkan handuk di bawah leher, pastikan kepala maupun punggung tidak menyentuh handuk.

Gulungan handuk bertindak sebagai alat yang sangat efektif dan memijat lembut yang membantu mengurangi rasa sakit di leher. Bagian terbaiknya, Anda dapat tidur dalam posisi apapun dengan handuk gulung, kecuali posisi terkurap. Lakukan ini selama satu malam atau hingga rasa sakit di leher menghilang.

Sumber : Health.detik.com 

Leher Sakit Saat Bangun Tidur Karena Salah Bantal Dan Penyembuhannya Leher Sakit Saat Bangun Tidur Karena Salah Bantal Dan Penyembuhannya Reviewed by DistroBandung on 12.17 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.